Viral Lagi Isi Bensin, Muncul Letupan dari Kabin Mobil, Apa Penyebabnya?


 


Trending mobil terbakar waktu isi bensin di SPBU Diponegoro, Palu, Sulawesi Selatan. Awalnya, ada letupan dari dalam mobil yang membuat sopir keluar. Kurang lebih apakah yang mempunyai potensi membuat kebakaran dari dalam mobil itu?

Situs Slot Yang Populer Di Indonesia

Executive Coordinator Technical Service Seksion PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi menerangkan perlu penyelidikan selanjutnya pada pengemudi mobil itu. Tetapi, ada banyak hal yang memunculkan kekuatan letupan dari dalam kabin mobil, yaitu simpan bahan yang gampang terbakar di mobil.


"Jika (modifikasi kelistrikan) audio umumnya cuma meleleh tidaklah sampai meledak atau meletup," tambah Bambang.


Dalam video berdurasi 33 detik itu nampak mendadak berlangsung ledakan kecil di mobil, si sopir juga langsung keluar dari dalam mobil. Tidak berlalu lama, petugas SPBU itu juga selekasnya mengambil nozzle dari bak.


Cocok ada percikan api, pemakai mobil langsung gercep majuin mobilnya. Benar-benar beresiko sich, tetapi sukses menahan kebakaran bertambah kronis jika nyamber mesin SPBU. Pegawai SPBU gercep ngambil APAR. pic.twitter.com/9t6j9bfSa1


— Gie Wahyudi (@giewahyudi) September 14, 2020


Simak juga: Trending Mobil Serempetan Sampai Dibuang Konblok, Ini Panduan Hindari Emosi di JalanBeberapa detik selanjutnya, si sopir nekat kembali pada mobilnya serta langsung tancap gas untuk selekasnya menghindari mobil dari tempat SPBU. Lantas api mulai menyambar serta diiringi asap tebal dari sisi depan mobil.


Dalam situs Auto2000 menyebutkan kebakaran pada mobil karena karena simpan barang yang gampang terbakar di mobil. Beberapa barang seperti bensin, tinner, minyak wangi cair, atau korek api gas rawan terbakar bila disimpan di kabin. Terutama bila mobil itu diparkir di ruangan terbuka dalam tempo lama. Barang itu memiliki kandungan bahan aktif yang bila ditempatkan di ruangan tertutup dengan temperatur udara tinggi dapat mempunyai potensi memunculkan api serta mengakibatkan kebakaran.


Selanjutnya, bermain smartphone dapat mengakibatkan kebakaran ? beberapa lalu Vice President Communication PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman pemakaiannya memang dilarang karena mempunyai potensi memunculkan bahaya.


"Sebab dipakai atau waktu ada panggilan masuk, percikan api dari circuit batere dengan penutup (casing) yang dibuat tidak kedap gas mempunyai potensi mengakibatkan percikan api yang menyebabkan kebakaran waktu ada di tempat Explosive Atmosphere (hazardous zona)1 oleh karenanya smartphone serta PEP dilarang di tempat dispenser SPBU serta rombak mobil bak," lebih Fajriyah.


Postingan populer dari blog ini

Kinclong Terus, 4 Tips Merawat Bodi Mobil Selama PSBB

9 Tips Menyewa Mobil di Luar Negeri