5 Komponen Motor yang Rawan Karat Setelah Kena Air Hujan


 


Hujan teratur mulai turun di seputar daerah Jabodetabek akhir-akhir ini. detikers yang memakai motor untuk melakukan aktivitas setiap hari, harus hukumnya memerhatikan situasi tunggangan supaya tidak diserang karat.

Situs Slot Yang Populer Di Indonesia

Pada musim hujan, motor akan mudah terserang karat bila tidak teratur dirawat. Air hujan memiliki kandungan zat asam yang dapat membuat elemen besi serta logam di motor diserang karat. Ditambah lagi bila motor didiamkan demikian saja sesudah terkena air hujan serta kubangan lumpur.


Disarikan dari beberapa sumber, minimal ada 5 elemen motor yang riskan terkena karat sesudah diguyur air hujan. Beberapa elemen itu yaitu lengan ayun, dudukan monosok, kerangka, knalpot, serta rantai. Silahkan kita bahas satu demi satu.


Pertama ialah swingarm atau lengan ayun. Lengan ayun riskan terserang cipratan air hujan serta lumpur sebab terletak di bawah. Bila tidak selekasnya dibikin bersih sesudah terserang hujan, karat mempunyai potensi menggempur sisi sambungan lengan ayun serta bushing.


2. Dudukan Monosok


Dudukan monosok belakang atau link pada motor sport seperti Yamaha Vixion serta Honda CB150R riskan terserang karat. Dudukan monosok ini serta tempatnya bertambah rendah dibandingkan lengan ayun, jadi langsung dapat terserang cipratan air hujan serta lumpur.


3. Kerangka


Setelah itu kerangka. Kerangka motor riskan terserang karat, terutamanya di bagian sambungan (las-lasan) serta sisi yang susah dicapai. Bila tersisa air hujan serta lumpur mengendap dibagian ini, tinggal nantikan waktu sampai terserang korosi.


Simak juga: Panduan Mengemudi Waktu Hujan, Lihat Batas Kecepatan serta Jarak Pengereman4. Knalpot


Leher knalpot motor rawan terserang karat, sebab seringkali terserang cipratan air dari roda depan yang berputar-putar. Ditambah pada motor tipe naked bike, umumnya leher knalpot terpampang jelas tanpa ada cover, karena itu waktu pada musim hujan sisi itu umumnya cepat kotor.


5. Rantai


Rantai motor, ditambah lagi yang tidak dikasih pelindung (cover) mudah terserang karat karena air hujan. Bila telah diserang karat, rantai motor jadi bising serta membuat tarikan bertambah berat.


Bagaimanakah cara menahan munculnya karat di 5 sisi motor itu? Gampang saja, yang perlu detikers harus rajin-rajin membersihkan motor sesudah terserang air hujan. Tidak selalu harus dicuci bersih memakai sabun motor, cukup disiram air bersih bertekanan, dari sisi kaki-kaki sampai body.


Postingan populer dari blog ini

Kinclong Terus, 4 Tips Merawat Bodi Mobil Selama PSBB

Viral Lagi Isi Bensin, Muncul Letupan dari Kabin Mobil, Apa Penyebabnya?

9 Tips Menyewa Mobil di Luar Negeri